GRID_STYLE
TRUE

Breaking News

latest

Advertisement

7 Alasan Penting Minum Air Putih

Peranan air putih bisa jadi sangat vital bagi kebutuhan tubuh manusia . Sudah seharusnya sobat mengetahui hal ini dan menerapkannya...


    manfaat, kegunaan, khasiat, keutamaan, peranan pentingnya minum air putih - onepedia.blogspot.com
    Peranan air putih bisa jadi sangat vital bagi kebutuhan tubuh manusia. Sudah seharusnya sobat mengetahui hal ini dan menerapkannya dalam kehidupan di tiap hari nya sehingga dapat sobat jadikan alasan pentingnya meminum air putih.
    Halo sobat Opedi, Sudah minum air putih berapa gelas hari ini? Apakah sudah memenuhi kecukupan kebutuhan air putih atau belum? Opedi ucapin selamat ya buat yang sudah, lalu bagaimana nih yang belum? Memang bagi mayoritas orang menganggap minum air putih itu sepele, dan seakan ditinggalkan seiring dengan munculnya jenis minuman-minuman baru yang mungkin lebih menyegarkan. Hal ini akan mengakibatkan kurangnya asupan air putih bagi kebutuhan tubuh kita. Kenapa harus putih? Toh sama sama air? Air yang Opedi maksud di sini adalah air murni tanpa campuran yang mungkin justru dapat membahayakan organ tubuh kita. Wah bahaya lohh kalau sampai tubuh kita kekurangan asupan air putih di tiap hari nya.

    Peranan air putih bisa jadi sangat vital bagi kebutuhan tubuh manusia. Sudah seharusnya sobat mengetahui hal ini dan menerapkannya dalam kehidupan di tiap hari nya sehingga dapat sobat jadikan alasan pentingnya meminum air putih. Berikut Opedi menguraikan 7 alasan utama yang menjadikan wajib bagi kita untuk meminum air putih. Silahkan disimak.

    Alasan pertama
    Untuk menghindari terjadi kekurangan air atau dehidrasi dalam tubuh kita. Dehidrasi akan menyebabkan menurunnya cairan di otak, sehingga asupan oksigen yang mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut. Hal-hal yang mungkin terjadi pada diri sobat adalah penurunan kualitas otak. Dehidrasi juga dapat menghambat produksi hormon seks yang berakibat pada impotensi.

    Alasan kedua
    Salah satu manfaat meminum air putih adalah untuk memperlancar pencernaan. Pernahkah sobat merasakan sesuatu yang tidak nyaman di tenggorokan sobat ketika sedang makan? Hal ini disebabkan karena kepadatan makanan yang sobat makan terlalu pekat, sehingga akan mengganggu kinerja dari tenggorokan dalam menyalurkan makanan. Hal serupa juga akan terjadi ketika makanan sudah masuk ke lambung dan usus sobat, makanan akan sulit dicerna oleh alat pencernaan dalam tubuh sobat yang kurang minum air putih. Masalah-masalah gangguan pencernaan seperti maag, susah buang air hingga sembelit akan sobat temui jika sobat malas minum air putih. Terlebih, kekurangan cairan juga akan menghambat proses pembakaran kalori sehingga tubuh sobat menjadi kurang fit.

    Alasan ketiga
    Air juga memiliki peran sebagai pelumas dan pelarut. Jika sobat pernah merasakan nyeri pada persendian terutama pada punggung berarti sobat mungkin telah melupakan peranan air ini. Kurangnya pelumas pada persendian bisa mengakibatkan penyakit artritis. Peran air sebagai pelarut juga tidak kalah penting. Air akan melarutkan racun-racun dari semua bagian tubuh dan kemudian membawanya ke hati dan ginjal untuk dibuang.

    Alasan keempat
    Kurangnya minum air putih juga dapat berakibat pada infeksi kandung kemih. Hal ini dikarenakan bakteri tidak bisa keluar akibat kurang minum. Gejalanya bisa berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri terutama saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, nyeri tekan di atas tulang kemaluan. Kadang kala terdapat darah dalam urine. Perempuan harus lebih banyak mengonsumsi air karena panjang saluran kemihnya lebih pendek dibanding laki-laki. Banyak minum air akan membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

    Alasan kelima
    Dengan sifat yang dimiliki air adalah berupa cairan maka air dapat membantu mengencerkan darah serta mencegah penggumpalan darah ketika beredar ke seluruh bagian tubuh sehingga akan membantu dalam peredaran darah. Hal yang mengerikan adalah ketika penggumpalan darah tersebut terjadi di otak. Efek yang ditimbulkan jika terjadi Penggumpalan darah di otak adalah sakit kepala, kesulitan berbicara, kesulitan berjalan, bahkan kelumpuhan.

    Alasan keenam
    Dengan rajin minum air putih secara teratur ternyata dapat membantu sobat yang sedang dalam program diet. Air dapat memisahkan rasa haus dan lapar sehingga dapat menjaga hobi sobat Opedi yang sering ngemilJadi kali ini sobat tidak perlu melakukan diet berlebih untuk menurunkan berat badan. Cukup dengan minum air putih sobat akan mendapatkan berat badan yang proporsional karena dengan minum air putih tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi sekaligus menjaga berat badan sobat tentunya diimbangi dengan asupan gizi dan latihan fisik secara teratur.

    Alasan ketujuh
    Kurang minum air putih dapat mengganggu fungsi ginjal karenanya air penting untuk mencegah batu ginjal. Dengan cukup air maka komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama ketika sobat buang air kecil.

    Nah itulah ketujuh alasan yang mengharuskan kita untuk senantiasa memerhatikan asupan air putih bagi tubuh kita. Bagaimana? Sudah tahu kan akibat yang akan diterima? Lebih baik ubah gaya hidup sobat untuk selalu memerhatikan kebutuhan air putih di tiap hari nya.

    Tidak ada komentar

    Opedi memerlukan kritik dan saran dari sobat Opedi demi kelangsungan blog ini.
    Buat yang sekadar ingin komentar dipersilahkan.
    Budidayakan berkomentar dengan perkataan yang baik.

    Advertisement